Profil

WELCOME TO MY BLOG


ABOUT ME

I am not a man who started life from the front lines, but only someone who will keep trying to prove to everyone that a man who started life from the bottom like me can continue to step forward to as they are feasible

Custom Search

Sunday, March 25, 2012

Kode HTML dasar yang harus di ketahui

1. Kode untuk membuat huruf tebal (bold).

Kode untuk membuat huruf tebal yaitu <b>, dan untuk menebalkan suatu tulisan - maka tulisan tersebut harus diapit dengan kode <b> dan diakhiri dengan kode </b> yang kemudian disebut sebagai closing tag.

2. Kode untuk membuat huruf miring (italics), yaitu <i> dan closing tag-nya adalah </i> contoh penggunaan: "Ibu <i>Budi</i>" maka jadinya "Ibu Budi"


3. Kode untuk membuat garis bawah pada huruf (underline), yaitu <u> dan closing tag-nya adalah </u> contoh penggunaan: "Ibu <u>Budi</u>" maka jadinya "Ibu Budi"

4. Menempatkan tulisan pada Baris baru, maka kode yang digunakan adalah <br /> dan cara menggunakannya yaitu akhiri tulisan anda dengan kode tersebut jika ingin agar tulisan selanjutnya berada di barisan baru

5. Membuat Tulisan Rataan Tengah. Kodenya yaitu <center> dan closing tag-nya yaitu </center>

6. Membuat tulisan Rataan Kanan. Kodenya yaitu <p align="right"> dan closing tag-nya yaitu </p>

7. Membuat tulisan Rataan Kiri. Kodenya sama seperti kode no.6 (di atas), hanya saja tulisan "right" diganti "left"

8. Cara Merubah Font/gaya teks. Maka kode HTML-nya yaitu <font face="Verdana"> dan closing tag-nya adalah </font> dan silahakan untuk merubah nama font "Verdana" dengan nama font yang anda inginkan seperti: Arial, Georgia, Times, dll.

9. Cara Mengatur Warna Teks. Kode HTML-nya adalah <font color="blue"> dan closing tag-nya adalah </font> dan warna yang akan dihasilkan adalah biru alias "blue". Untuk merubahnya dengan warna yang anda inginkan, silahkan ubah blue dengan nama warna lain yang anda inginkan seperti: Red (merah), yellow (kuning), Green (hijau), dll.

10. Mengatur Ukuran Besar-Kecil Tulisan. Maka kode HTML-nya yaitu <font style="font-size:500%;"> dan closing tag-nya adalah </font> dan untuk mengatur ukuran huruf yang anda inginkan, silahkan untuk merubah nilai "500%" dengan ukuran yang anda perlukan.

11. Membuat Tulisan berjalan (marquee). Maka kodenya yaitu <marquee> dan closing tag-nya adalah </marquee> dan untuk contohnya yaitu sebagai berikut:
=> Format: <marquee>Ibu Budi</marquee> dan hasilnya adalah:
Ibu Bud

Sekian saja dulu. Sebenarnya masih banyak, namun yang paling sering digunakan untuk mengatur gaya tulisan adalah ke-11 kode di atas. Bagi teman-teman yang tahu lebih silahkan untuk di-sharing ke teman-teman yang lain...

0 comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar jika informasi yang kami sajikan membantu